Jumat, 15 Mei 2015

SPM (contoh penggunaan cooperative learning)



Contoh Penggunaan Cooperative Learning dalam Matematika

Contoh 1:
Topik : Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
Tingkat : 1. Berlatih menentukan KPK dan FPB jika sepasang bilangan diketahui.
        2. Berlatih menentukan hubungan antara KPK, FPB, dan hasil kali sepasang bilangan.
        3. Berlatih mencatat data secara sistematis
        4. Melihat pola melalui analisis data.  
Ukuran kelompok: 4 orang siswa.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk setiap kelompok:
        1. 4 buah fotocopy lembar masalah.
        2. 1 lembar untuk catatan hasil.
        3. 1 buah amplop berisi 12 lembar kertas yang masing-masing memuat sepasang bilangan.
Catatan-catatan guru:
l  Menunjuk seorang pembaca dan seorang pencatat untuk setiap kelompok.
l  Menunjuk seorang juru bicara setiap kelompok jika dipandang setiap kelompok perlu mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
l  Ada pasangan-pasangan bilangan (m,n) yang merupakan relative prime. 1 adalah FPB-nya. Bilangan-bilangan itu diantaranya adalah (1,3), (2,3), (3,5), (6,11), dan (8,15)
l  Ada pasangan-pasangan bilangan (m,n) yang mempunyai FPB lebih besar dari pada 1. Bilangan-bilangan itu diantaranya adalah (3,6), (6,8), (8,12), (12,15), (10,12), (30,45), (3,645), dan (15, 65).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar