Contoh Penggunaan Cooperative
Learning dalam Matematika
Contoh 1:
Topik : Kelipatan
Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
Tingkat : 1. Berlatih
menentukan KPK dan FPB jika sepasang bilangan diketahui.
2. Berlatih menentukan hubungan antara KPK, FPB, dan hasil kali sepasang
bilangan.
3. Berlatih mencatat data secara sistematis
4. Melihat pola melalui analisis data.
Ukuran kelompok: 4 orang siswa.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk
setiap kelompok:
1. 4 buah fotocopy lembar
masalah.
2. 1 lembar untuk catatan hasil.
3. 1 buah amplop berisi 12 lembar kertas yang masing-masing memuat
sepasang bilangan.
Catatan-catatan guru:
l
Menunjuk
seorang pembaca dan seorang pencatat untuk setiap kelompok.
l
Menunjuk
seorang juru bicara setiap kelompok jika dipandang setiap kelompok perlu
mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
l
Ada
pasangan-pasangan bilangan (m,n) yang merupakan relative prime. 1 adalah
FPB-nya. Bilangan-bilangan itu diantaranya adalah (1,3), (2,3), (3,5), (6,11),
dan (8,15)
l
Ada
pasangan-pasangan bilangan (m,n) yang mempunyai FPB lebih besar dari pada 1.
Bilangan-bilangan itu diantaranya adalah (3,6), (6,8), (8,12), (12,15),
(10,12), (30,45), (3,645), dan (15, 65).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar